Pesan Moral Dalam Iklan Im3 “Kembali Untuk Mengulang #Serunyasilaturahmi” Di YouTube (Analisis Semiotika Makna Roland Barthes)

  • Meli Firdausi Nazila Universitas Gadjah Mada
Keywords: Iklan, YouTube, Semiotika, Makna

Abstract

Iklan adalah instrumen penting dalam promosi produk. YouTube menjadi media komunikasi PT. Indosat Ooredoo untuk mengiklankan produknya yaitu IM3 Ooredoo seperti iklan versi “Kembali Untuk Mengulang #Serunya Silaturahmi”. Iklan sebagai instrumen promosi memiliki pesan moral. Penelitian ini bertujuan menganalisis tanda pada komunikasi verbal dan non verbal. Lalu menginterpretasi makna denotasi dan konotasi. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes. Pendekatan penelitiannya secara kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah IM3 dapat menjadi solusi permasalahan komunikasi. Setiap scene menampilkan komunikasi yang terulang kembali bersama orang terdekat. Tanpa melupakan orang-orang yang jauh, IM3 menawarkan solusi kreatif melalui pembelian paket internet. Pesan verbal yang ditampilkan dari iklan ini adalah lagu berjudul Kembali Untuk Mengulang. Pesan non verbalnya adalah semua pengambilan gambar, ekspresi wajah, gerak tubuh. Makna denotasinya adalah semua aktivitas yang ditampilkan secara verbal dan non verbal. Sedangkan makna konotasinya adalah interpretasi makna bersifat implisit yaitu IM3 dapat mendekatkan yang jauh dan mendekatkan kembali orang yang sudah dekat. Kesimpulannya yaitu iklan ini adalah iklan yang mengajak masyarakat untuk menciptakan kebersamaan di bulan Ramadhan bersama orang-orang terdekat. IM3 dapat menjadi solusi permasalahan komunikasi yaitu jalinan kekerabatan kepada orang-orang yang berbeda tempat agar tetap terhubung melalui internet.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardia, V., & Indriawan. (2020). ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN GOJEK VERSI "CENDEKIAWAN". Jurnal Kajian Ilmu Sosial, 1(2), 71-79. https://jurnal.umj.ac.id
Azhari, M. Z. (2014). ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN MORAL DALAM IKLAN SAMPOERNA VERSI "ORANG PEMIMPI" DI TELEVISI. eJournal Ilmu Komunikasi, 150-164.
https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1491
Barthes, R. (2017). Elemen-Elemen Semiologi Terjemahan. Yogyakarta: Basabasi.
Griffin, E. (2019). A First Look at Communication Theory. New York: McGraw-Hill Education.
Gunalan, S. (2020). ANALISIS PEMAKNAAN SEMIOTIKA PADA KARYA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT. Jurnal Nawala Visual, 2(2), 44-51. https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i2.117
Kusuma, P. K. (2017). ANALISIS SMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA RITUAL OTONAN BALI. Jurnal Manajemen Komunikasi, 1(2), 195-217. https://doi.org/10.24198/jmk.v1i2.10519
Lukitaningsih, A. (2013). IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2), 16-119. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/670
Nurfebiaraning, S. (2017). Manajemen Periklanan. Sleman: Deepublish.
Sarifah. (2022). Pesan Moral dalam Film Iklan Pahlawan untuk Kakek: Studi Analisis Semiotika Roland Barthes. Jambi: UIN SUltan Thaha Saifuddin.
Triyono, A. (2021). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.
Yuniarto, H., & Sirine, H. (2018). PENGARUH IKLAN TERHADAP MINAT BELI PENGGUNA YOUTUBE DENGAN BRAND RECOGNITION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 8(1),21-28. https://doi.org/10.15408/ess.v8i1.5885
Published
2024-04-17
How to Cite
Nazila, M. (2024). Pesan Moral Dalam Iklan Im3 “Kembali Untuk Mengulang #Serunyasilaturahmi” Di YouTube (Analisis Semiotika Makna Roland Barthes). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(2), 99-111. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v6i2.299