Pengaruh Terpaan Informasi Melalui Media Baru Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa Mengenai Energi Berkelanjutan

  • Hilmi Husnul Khotimah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ofi Hidayat
Keywords: Terpaan Informasi, Media Baru, Tingkat Pengetahuan, energi Berkelanjutan

Abstract

Kerusakan alam, iklim yang sudah tidak stabil, pemanasan global telah terasa disemua bagian dibumi, perlu adanya solusi dalam waktu dekat untuk penyelesaian masalah berat ini, mengikuti program dalam forum G20 yatu percepatan transisi energi menuju energi baru terbarukan yang ramah lingkungan, komunikasi sebagai salah satu faktor penting untuk menyelesakan masalah ini karena perlu adanya Kerja sama antara pemerintah masyarakat, media digital sebagai salah satu jembatan efektif yang bisa menghubunngkan. adapun dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh terpaan informasi melalui media baru terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa mengenai energi berkelanjutan yang menjadi langkah awal percepatan transformasi energi mahasiswa sebagai jembatan antara pemerintah dengan masyarakat luas agar bisa secara bersama sama melakukan transformasi energi. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif jumlah sample yang digunakan sebesar 98 mahasiswa dari 7 fakultas dengan Tingkat kesalahan 10% dan kriteria mahasiswa aktif Universitas Teknologi Sumbawa angkatan 2020 - 2023. Penelitian ini menggunakan teori SOR yang menitik beratkan pada stimulus dan frekuensi Terpaan informasi berpengaruh positif terhadap tingkat pengetahuan mahasiswa berdasarkan t tabel dengan signifikansi 1% yaitu 2.591 < t hitung 8.648 maka Ha diterima dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara terpaan informasi melalui media baru dengan tingkat pengetahuan mahasiswa mengenai energi berkelanjutan yang berada dalam hubungan tingkat tinggi dengan angka 0,662.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M., & Windarta, J. (2020). Pemanfaatan Energi Matahari Sebagai Energi Bersih yang Ramah Lingkungan. Jurnal Energi Baru Dan Terbarukan, 1(2), 68–77. https://doi.org/10.14710/jebt.2020.10059
Creswell John W. (2017). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Fawaid Achmad, Qudsy Saifuddin Zuhri, & atijah Bima Bayu, Eds.; VI). Pustaka Pelajar.
Durhan, A. S., & Tahir, A. (2021). Pengaruh Terpaan Informasi Melalui Media Sosial Terhadap Tingkat Kepercayaan Masyarakat Mengenai Vaksin Corona Sinovac Bagi Kesehatan Di Makassar The Influence Of Information Through Social Media On The Level Of Public Confidence In The Corona Sinovac Vaccine For Health In Makassar.
Fatmala, A. P., & Nurgiansah, T. H. (2023). Kekuatan Politik Mahasiswa Sebagai Agen Of Change Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Sistem Politik. In Jurnal PPKn (Vol. 11, Issue 1).
Habibah, A. F. (2021). Era masyarakat informasi sebagai dampak media baru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 350–363.
Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Kriyantono Rachmat. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi (7th ed.). Kencana Prenadamedia Group.
Logayah, D. S., Mustikasari, B. R., Zahra Hindami, D., & Rahmawati, R. P. (2023). Krisis Energi Uni Eropa: Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pasokan Energi yang Terbatas. In Hasanuddin Journal of International Affairs (Vol. 3, Issue 2). Online.
Mustofa, M. B., Sujepri, A., Mutoharoh, U., & Anggraini, V. (2022). Efek Perkembangan Komunikasi Massa Terhadap Pola Pikir dan Perilaku Masyarakat Di Era Society 5.0. Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 6(1), 16–26.
Novianti, E. S. S. (2021). Teori Komunikasi Umum dan Aplikasinya.
Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Studi Analisis Tentang Makna Pengetahuan Dan Ilmu Pengetahuan Serta Jenis Dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 31–54.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Alfabeta.
W. Lawrence Neuman. (2016). Metodologi Penelitian Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (7th ed.).
Wahyuni, H. I. (2018). Kebijakan Media Baru Di Indonesia:(Harapan Dinamika Dan Capaian Kebijakan Media Baru Di Indonesia). Ugm Press.
Zhu, L., Li, H., Wang, F.-K., He, W., & Tian, Z. (2020). How online reviews affect purchase intention: a new model based on the stimulus-organism-response (S-O-R) framework. Aslib Journal of Information Management, 72(4), 463–488.
Published
2024-04-17
How to Cite
Khotimah, H., & Hidayat, O. (2024). Pengaruh Terpaan Informasi Melalui Media Baru Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa Mengenai Energi Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(2), 56-65. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v6i2.321