EFEKTIVITAS STRATEGI HUMAS DI MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA DENGAN ANALISIS MODEL ATR

  • Amelia - UIN Saizu Purwokerto
  • Dwi Aryanti UIN Saizu Purwokerto
  • Hidayatur Rohmah
  • Anas Azhimi Qalban
Keywords: Efektivitas, Strategi Humas, Model ATR

Abstract

Efektivitas strategi humas di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berkaitan dengan konstruksi pesan yang dibangun. Strategi humas ini dimaksudkan untuk mengatasi persepsi menyeramkan dan membosankan terhadap museum karena banyaknya tayangan media massa yang menampilkan tantangan uji nyali sehingga berpotensi menurunkan minat berwisata. Ditambah lagi banyaknya masyarakat termasuk Gen-Z yang beraktivitas di Internet. Untuk itu, perlu adanya strategi yang efektif dalam mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana keefektifan strategi humas di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berdasarkan model ATR dengan metode deskriptif kuantitatif serta teknik pengumpulan data melalui pengamatan atau observasi, studi pustaka dan angket. Angket yang disebarkan berisi pertanyaan yang mencakup awareness, trial, reinforcement. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan purposive sampling dengan sampel penelitian yang terdiri dari 100 responden dengan minimal usia 12 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas strategi humas di Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta menurut awareness (kesadaran) sebesar 87,62%, trial (mencoba) sebesar 88,74%, dan reinforcement (penguatan) sebesar 87,73%. Strategi humas Museum Benteng Vredeburg dalam meningkatkan minat berkunjung berbasis model ATR dikatakan efektif dengan nilai 88,03% yang diperoleh dari rata-rata hitung keseluruhan tingkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyani, P. M., Winoto, Y., & Rodiah, S. (2023). EFEKTIVITAS PROMOSI MUSEUM BENTENG VREDEBURG MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @MUSEUM.BENTENG.VREDEBURG DENGAN ANALISIS MODEL ATR. Jurnal Pariwisata Indonesia, 19, 9-23.

Mardiyanto, D., & Giarti. (2019, Februari). ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN (Studi kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo). Edunomika, 3, 60-66.

Mayasari, S., & Indraswarti, C. (2018, September 2). Efektivitas Media Sosial Instagram Dalam Publikasi HUT Museum Nasional Indonesia (MNI) Kepada Masyarakat. Jurnal Komunikasi, 9, 190-196.

Meihan, A. M., Sariyatun, & Ardianto, D. T. (2020, Juli 6). POTENSI MOBILE LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL MUSEUM KEKHATUAN SEMAKA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Prosiding Seminar Nasional Rekarta, 1-8.

Muti'ah, D. A., Prasetyo, K., Prasetya, S. P., & Nasution. (2022, Agustus). Efektivitas Museum Virtual Tur Benteng Vredeburg terhadap Hasil Belajar IPS dan Persepsi Penggunaannya. BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual, 7, 700-710.

Panuntun, D. C., & Abdurrahman, M. S. (2019, April). EFEKTIVITAS STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PT PLN AREA GARUT (STUDI KUALITATIF HUMAS PT PLN AREA GARUT DALAM SOSIALISASI MEMINIMALISIR DAMPAK KERUGIAN AKIBAT LAYANG-LAYANG). e-Procceding of Management, 6, 1484-1497.

Prasetya, A. (2021). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN IKLAN DI PRODUK CETAK DAN PRODUK ONLINE LEMBAGA PERS MAHASISWA DINAMIKA UIN SUMUT. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2).

Putra, E. A. (2015, September). ANAK BERKESULITAN BELAJAR DI SEKOLAH DASAR SE-KELURAHAN KALUMBUK PADANG. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KHUSUS, 1(3), 71-76.

Qalban, A. A., Jauza, G. F., & Mukaromah, I. A. (2022, November). LITERASI DIGITAL DAN GEN-Z : PROTOTIPE KONSEP LITERASI MODERAT SEBAGAI MEDIA SMART DAKWAH. HUJJAH : Jurnal Ilmiah Komunikasi dan penyiaran Islam, 6, 22-31.

Rini, K. S., Rusmiwari, S., & Widodo, H. P. (2017). PERAN HUMAS DALAM MENINGKATKAN CITRA UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 6, 34-37.

Saputra, G. W., Kurniawati, & Putri, T. E. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan pemandu museum terhadap kepuasan pengunjung di Museum Geologi Bandung. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4, 5323-5331.

Sulistya, V. A. (2020). BUKU PANDUAN MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA. KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DIREKTORAT JENDERAL KEBUDAYAAN.

Sulistya, V. A., Ridlo, M. R., Kurniawati, M., & Chusbiantoro, J. (2019). PROFIL MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA. KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN.

Vredeburg.id. (2022, November 4). Vredeburg.id. Retrieved February 22, 2024, from https://vredeburg.id/id/post/terkait-perubahan-status-dari-upt-ke-blu-kepala-museum-vredeburg-jangan-tunda-lagi-sosialisasi-ke-masyarakat

Yudaninggar, K. S., Fitri, D. R., & Damastuti, R. (2023, Juli). Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Museum Kotagede Intri Living Museum. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2.

Zikrayanti, Rahmi, N., & Sekedang, W. (2023, 07). Efektivitas Pemasaran Layanan Perpustakaan Online pada Masa COVID-19 di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pustakawan, 30, 68-79. 10.37014/medpus.v30il.3455
Published
2024-04-17
How to Cite
-, A., Aryanti, D., Rohmah, H., & Qalban, A. (2024). EFEKTIVITAS STRATEGI HUMAS DI MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA DENGAN ANALISIS MODEL ATR. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(2), 144-157. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v6i2.338