PENGARUH MEDIAMORFOSIS TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM PENGUNGKAPAN DIRI PADA KALANGAN GENERASI Z DI KOTA TANGERANG SELATAN

  • Khairunnisa Al-Araf Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang
  • Ade Irfan Abdurrahman
  • Alamsyah -
Keywords: Keywords: Mediamorfosis, Komunikasi Antarpribadi, dan Efektivitas

Abstract

ini menggunakan metode kuantitatif bertujuan mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan mediamorfosis terhadap efektivitas komunikasi antarpribadi dalam pengungkapan diri di kalangan generasi Z Kota Tangerang Selatan atau tidak adanya pengaruh penggunaan mediamorfosis terhadap efektivitas komunikasi antarpribadi dalam pengungkapan diri pada kalangan generasi Z Kota Tangerang Selatan, diantara dua variabel ini diuji sehingga menghasilkan variabel mana yang paling dominan terhadap pengaruh komunikasi antarpribadi. Penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif kuantitatif di mana jumlah keseluruhan sampel penelitian berjumlah 100 responden. Responden dalam penelitian ini generasi Z di Kota Tangerang Selatan dengan usia antara 15 sampai 26 tahun. Pada penentuan sampel penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dengan kriteria responden yang aktif menggunakan sosial media. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan memberikan pertanyaan berupa form kuesioner kepada para responden yang disebar melalui jejaring media sosial, baik Instagram, Twitter dan WhatsApp. Untuk membuktikan dan menganalisis hasil penelitian ini maka digunakan uji validitas serta reliabilitas dan juga dilakukan uji regresi linier berganda, uji f sampai uji t. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan penggunaan mediamorfosis berpengaruh terhadap efektivitas komunikasi antarpribadi dalam pengungkapan diri pada kalangan generasi Z di Kota Tangerang Selatan. Hasil ini diperolah dari uji hipotesa pada uji f di mana menghasilkan nilai Fhitung ≥ Ftabel (73,954 ≥ 3,10). Dengan demikian hasil dari pengujian hipotesis pada uji f menunjukan adanya pengaruh pada efektivitas komunikasi antarpribadi pada kalangan generasi Z di Kota Tangerang Selatan. Adapun pada uji korelasi variabel yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa Pengaruh Mediamorfosis (X) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 sedangkan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi (Y) juga mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dengan nilai korelasi antara Pengaruh Mediamorfosis (X) sebesar 0,656 dan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi (Y) 0,656 yang menyatakan bahwa kedua variabel ini memiliki hubungan yang positif dengan korelasi yang kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, W. J. (2016). RESEARCH DESIGN (1st ed.). PUSTAKA PELAJAR.
DeVito, J. a. (2008). The Interpersonal Communication Book. In PsycCRITIQUES (Vol. 32). http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/29067/4/Chapter II.pdf
Dihni, V. A. (2022). Peringkat Negara dengan Rata-rata Pengguna Media Sosial Terlama (2022). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/09/warga-ri-main-medsos-3-jam-per-hari-ini-peringkat-globalnya#:~:text=Indonesia menempati posisi ke-10,mencari hiburan%2C serta memperoleh informasi.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Cetakan ke). Badan Penerbit Universitas Dipoenogoro.
Kirnandita, P. (2017). Mengapa Orang Curhat di Media Sosial. https://tirto.id/mengapa-orang-curhat-di-media-sosial-cB2t
Kusnandar, V. B. (2021). Jumlah Penduduk Kota Tangerang Selatan Menurut Kelompok Usia (2020). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/10/sebanyak-71-penduduk-tangerang-selatan-berusia-produktif-pada-2020
Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
National, G., & Pillars, H. (n.d.). TEORI PERBEDAAN GENERASI. 1952, 123–134.
Rakhmah, D. N. (2021). Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? https://pskp.kemdikbud.go.id/front_2021/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita
Roger, F. (1997). Mediamorfosis. Bentang Budaya.
Sapril. (2011). (2)Komunikasi Interpersonal Pustakawan. Iqra’, 05(01), 6–11. http://repository.uinsu.ac.id/634/1/%282%29KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN.pdf
Severin, W. J. (2014). Communication Theories: Origins, methods, & uses in the mass media (Ed.5, Cet.). http://library.fis.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=7015
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). ALFABETA, CV.
Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0 (Issue July). https://www.researchgate.net/publication/343416519_GENERASI_Z_REVOLUSI_INDUSTRI_40
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial dan Generasi Z di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15550
Published
2024-04-17
How to Cite
Al-Araf, K., Abdurrahman, A., & -, A. (2024). PENGARUH MEDIAMORFOSIS TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM PENGUNGKAPAN DIRI PADA KALANGAN GENERASI Z DI KOTA TANGERANG SELATAN. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(2), 66-75. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v6i2.340