STRATEGI KOMUNIKASI DAN ALUR PRODUKSI DALAM PEMOGRAMAN ACARA TVRI MEDAN DI MASA GENERAL MILENIAL

STRATEGI KOMUNIKASI DAN ALUR PRODUKSI DALAM PEMOGRAMAN ACARA TVRI MEDAN DI MASA GENERAL MILENIAL

  • Hotmatua Peralihan
  • Desi Wulandari
  • Ghefira Nur Azzahra
  • Muhammad Aidil Azhar
  • Rifky Rinanda Lubis
  • Putri Maharani Yuniza
  • Surya Alfi Rozi
Keywords: TVRI Medan, Strategi Komunikasi, Produksi,

Abstract

Salah satu lembaga penyiaran publik (LPP) adalah TVRI Medan, TVRI Medan memiliki sebuah program yang berjudul generasi milenial. Didalam program tersebut bertujuan untuk mengajak anak-anak zaman sekarang yang dimana mereka memiliki prestasi untuk percaya diri dalam mengenalkan diri sendiri yang pasti tidak jauh dari prestasi yang mereka miliki tentunya. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui susunan program apa saja yang ada didalam TVRI Medan dan juga menggali tentang strategi komunikasi yang benar-benar pantas dalam mempertahankan program generasi milenial itu sendiri dalam kehidupan anak muda maupun masyarakat dilingkungan itu sendiri. Kemudian dalam alur produksi program yang berada diacara TVRI Medan ini yang merupakan stasiun tv terkenal di Sumatera Utara sangat memiliki peran yang begitu penting dalam mengambil, menyimpulkan dan juga menyampaikan sebuah informasi dengan akurat tidak hanya informasi, namun ada juga hiburan, edukasi yang sangat diminatin masyarakat. Dalam hal nya  tidak hanya itu saja namun ada alur yang berkaitan dengan produksi program didalamnya, TVRI tentu mengakaitkan dengan sebuah prosedur yang sudah terstruktur dan juga terorganisasi didalamnya. Dalam alur juga ada sebuah produksi dimana bidangnya dimulai dari  rencana rencana yang sudah ditetapkan, seperti didalamnya ada pengembangan pada sebuah konsep, pengumbulan semua materi, penulisan naskah, dan lain sebagainya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edi Suryadi. Strategi Komunikasi; Sebuah Analisis Teori dan Praktis di Era Global. (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2021).
Cangara. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. (Jakarta : Rajawali Pers, 2014) hal 64
Hariani, Formulasi Strategi Public Relations dan Kehumasan Dalam Meningkatkan Citra TVRI Sebagai Televisi Pendidikan Indonesia,( Raya Kampung Gebong: Universita Indraprasta PGRI ) vol 2, no 1.
Menanti Fajar Rizki, Peranan Publik Relation Dalam Rebranding TVRI Untuk Membentuk New Image, ( Jakarta: UNJ 2019), Vol 8, no 2.
Morrison.1996. Manajemen Media Penyiaran: strategi pengelolaan radio dan televisi, Jakarta:Kencana.
Onong Uchjana Effendy. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. (Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2019).
Sondang P. Siagian, Analisis Serta Perumusan Kebijksanaan dan Strategi Komunikasi, PT. Gunung Agung, Jakarta, 1986, hal 16.
TVRI, 2021, Tentang TVRI ; Sejarah dan Profil. Diakses dari https://tvri.go.id/about#sejarah Pada tanggal 20 Juli 2023.
Published
2024-04-17
How to Cite
Peralihan, H., Wulandari, D., Azzahra, G., Azhar, M., Lubis, R., Yuniza, P., & Rozi, S. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI DAN ALUR PRODUKSI DALAM PEMOGRAMAN ACARA TVRI MEDAN DI MASA GENERAL MILENIAL. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(2), 189-199. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v6i2.342