Strategi Manajemen Komunikasi Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Dalam Meminimalisir Efek Pemberitaan Media

  • Juniarti Maryam Universitas Hasanuddin https://orcid.org/0009-0002-9503-3069
  • , Muh. Akbar Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Iqbal Sultan Universitas Hasanuddin
Keywords: Strategi, Manajemen Komunikasi, Direktorat Jendral Bea Cukai, Pemberitaan Media

Abstract

Strategi komunikasi yang diterapkan oleh Bea Cukai memiliki peranan penting dalam mempengaruhi efek pemberitaan media terhadap citra lembaga. Dalam menghadapi pemberitaan media, Bea Cukai perlu mempertimbangkan berbagai faktor seperti transparansi, responsif, dan konsistensi dalam menyampaikan informasi kepada publik. Selain itu, membangun hubungan yang baik dengan media massa juga merupakan hal yang krusial. Dengan demikian, dengan Boundary Spanning Public Relation (membangun komunikasi dua arah antara organisasi dengan publik) melalui strategi komunikasi yang tepat, Bea Cukai dapat mengelola efek pemberitaan media dengan lebih efektif, sehingga dapat memperkuat citra lembaga di mata masyarakat. Salah satu kasusnya adalah terjadinya miskomunikasi dan diskomunikasi regulai beacukai terhadap persepsi masyarakat. Penelitian inipun berupaya mengkajinya dengan tujuan untuk mengidentifikasi penyebab masalah persepsi negatif masyarkat terkait kebijakan aregulasi Beacukai. Pendekatan penelitian ini adalah metode kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian mengidentifikasi beberapa penyebabnya yaitu kurangnya kemampuan SDM dalam teknik penguasaan cara berkomunikasi, manajemen isu yang perlu disempurnakan serta kurang terlibatnya seluruh element organisasi dalam Instansi Beacukai.Selain itu, ada beberapa upaya dalam menyelesaikan misinformasi dan diskomunikasi dalam komunikasi media dan public antaralain menerapkan pendekatan penyusuanan agenda setting dan kultivasi, perumusan strategi komunikasi, produksi dan aktivasi, dan Monitoring dan Evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Juniarti Maryam, Universitas Hasanuddin

Department of Communication Science

, Muh. Akbar, Universitas Hasanuddin

Departement of Communication Science

Muhammad Iqbal Sultan, Universitas Hasanuddin

Department of Communication Science

References

Aisyah, Nur Fitrah, A., Alfian Muhaimin, A., Nurhalisa, Wahyuddin, & Nurhakki. (2022). Correlation Between Theory Knowledge And Practical Ability Broadcasting Students KPI IAIN Parepare. Jourmics, 1, 1–10.

Aritonang, D. M. (2017). The Impact of E-Government System on Public Service Quality in Indonesia. European Scientific Journal, ESJ, 13(35), 99. https://doi.org/10.19044/esj.2017.v13n35p99

Cukai, A. B. dan. (2023). Kirim Coklat dari Luar Negeri Kena Pajak Sembilan Juta, Simak Faktanya. Media Centre Bea Dan Cukai. https://www.beacukai.go.id/berita/kirim-coklat-dari-luar-negeri-kena-pajak-sembilan-juta-simak-faktanya.html

Dermawan, A., Saputra, E., & Hutagalung, J. E. (2022). Peran Masyarakat Dalam Menaati Hukum Dan Mendukung Perkembangan Teknologi Komputer Dalam Bisnis Digital. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 569–573. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2542

Dharmawan, A., Raharjo, S. T., & Kusumawardhani, A. (2019). Analisis Kinerja Bea Cukai Indonesia Yang Dipengaruhi Oleh Budaya Organisasi, Partisipasi Stakeholder, Teknologi Informasi, Dan Transfer of Knowledge. Jurnal Bisnis Strategi, 27(2), 110. https://doi.org/10.14710/jbs.27.2.110-122

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. (2018). Laporan kinerja direktorat jenderal bea dan cukai kementerian keuangan 2018. 16-09-2019, 60–61.

El Mikati, I. K., Hoteit, R., Harb, T., El Zein, O., Piggott, T., Melki, J., Mustafa, R. A., & Akl, E. A. (2023). Defining Misinformation and Related Terms in Health-Related Literature: Scoping Review. Journal of Medical Internet Research, 25, e45731. https://doi.org/10.2196/45731

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fardiansyah, H., Bagenda, C., Lutfia, C., Arasy Harwida, G., Sinaga, M., Widuri, R., Fuadi, R., Fadhlia, W., Meutia, R., & Fitriawati, R. (2023). Kepabeanan Dan Beacukai. www.penerbitwidina.com

Gusti Prasetyo, A. A. (2022). Pemanfaatan Media Multimedia Sebagai Penyampaian Informasi Jurnalistik di Media Online Kumparan. Jurnal Jurnalisa, 8(2), 136–145. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v8i2.33536

Husnia, R. Y., Indra, V., & Nasution, A. (2023). Flexibility Working Space di Lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai : Dampak bagi Kinerja Organisasi. Journal Spirit Publik, 18, 203–218.

Mahmud, M. F. (2022). Penguatan Kinerja Melalui Transformasi Digital, Budaya Adaptif, Transfer. Jurnal Perspektif Bea Dan Cukai, December. https://doi.org/10.31092/jpbc.v6i2

Melani Rahmadanty, Ernita Arif, A. Z. (2019). Fungsi Public Relations Sebagai Fasilitator Komunikasi Menjembatani Hubungan Antara Pemerintah Dan Masyarakat (Studi Kasus : Fenomena Desain Kaum Illuminati Pada Jam Gadang). Ilmu Komunikasi, 9(2), 242–254.

Nugrahaeni, R., & Tjen, C. (2021). Perception Analysis of the Harmonized System: A Case Study of Tariff Disputes in Indonesia. Jurnal Perspektif Bea Dan Cukai, 5(2), 144–164. https://doi.org/10.31092/jpbc.v5i2.1249

Nugroho, S. A., Utari, P., & Rahmanto, A. N. (2020). Politics Media: The Dynamic of Independency and Neutrality for Journalist in Strengthening Resilient Society BT - Proceedings of the 6th International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS 2020). Proceedings of the 6th International Conference on Social and Political Sciences (ICOSAPS 2020), 194–200. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201219.029

Pinem, A. A., Immanuella, I. M., Hidayanto, A. N., & Phusavat, K. (2018). Trust and its impact towards continuance of use in government-to-business online service. Transforming Government: People, Process and Policy, 12(3/4), 265–285. https://doi.org/10.1108/TG-02-2018-0008

Putra, M. A. R. (2017). Peningkatan Kepercayaan Publik Melalui Pemerintahan Partisipatif. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(2), 1–9.

Rachman, A., Yochanan, Ilham, A. S., & Purnomo, H. (2024). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d (1st ed., Issue January). Saba Jaya Publisher.

Rahimallah, M. T. A., & Ricky, R. (2023). Keterbukaan Informasi Publik: Holistikasi Dan Akselerasi Good Governance. Jurnal Ilmiah Wahana Bhakti Praja, 12(2), 62–75. https://doi.org/10.33701/jiwbp.v12i2.2911

Ritonga, E. Y. (2018). Teori Agenda Setting dalam Ilmu Komunikasi. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 4(1), 32. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1460

Robiyanur, M., Masjaya, & Riady, G. (2017). Analisis Penilaian Masyarakat Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Studi Kasus Kec. Muara Wahau). Jurnal Administrative Reform, Vol. 2,(No. 1), April. 61-73.

Silalahi, U. (2011). Kepercayaan Publik kepada Pemerintah Daerah Pasca Orde Baru. Ilmu Akuntansi Negara, 11(2), 167–179.

Sudarmadi, A., Primadista, T., & Dartono, D. (2022). Optimalisasi Peran Sistem Kepabeanan Indonesia Sebagai Upaya Memperkuat Keuangan Negara. Jurnal Pajak Dan Keuangan Negara (PKN), 4(1S), 292–298. https://doi.org/10.31092/jpkn.v4i1s.1906

Sumai, S., Iskandar, & Hilmiayah, M. (2021). Peranan Humas Pemerintahan (Government Public Relations) dalam Menciptakan Reputasi Pemerintahan yang Baik. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 9(2), 130–140. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i2.4071

Tryara Yulia Banobe, L. M. (2023). Village Government Governance Towards Improving Public Services in Kalidawir Village , Tanggulangin. Balitbang, 11(3), 323–338.

Wahyuddin, Ersa, L. F., Aningsih, G., Hidayat, T., & Febri, S. A. (2024). NETWORK ANALYSIS OF ONLINE FRAUD COMMUNICATION THROUGH SOCIAL MEDIA WHATSAPP MESSENGER. Jurnal Netnografi Komunikasi Vol.2, 2(2), 33–50.

Wahyuddin, Farid, M., & Arianto. (2024). Book Review: Beyond Mainstream Media: Alternative Media and the Future of Journalism by Stephen Cushion. Journal of Communication Inquiry, 01968599241232358. https://doi.org/10.1177/01968599241232358
Published
2024-04-17
How to Cite
Maryam, J., Akbar, , M., & Sultan, M. (2024). Strategi Manajemen Komunikasi Direktorat Jenderal Bea Dan Cukai Dalam Meminimalisir Efek Pemberitaan Media. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(2), 112-134. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v6i2.344