Strategi Komunikasi Dakwah Penyuluh Agama Islam Saat Pandemi Covid-19 di Kisaran

  • SRI MUCHLIS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan
Keywords: Covid-19, Strategi Komunikasi, Penyuluh Agama Islam, Kisaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk strategi komunikasi dakwah penyuluh agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan dalam meningkatkan kerukunan umat beragama saat pandemi Covid-19 di Kisaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang yang terdari dari 5 orang penyuluh dan 2 orang jemaah binaan penyuluh. Pembatasan jumlah informan tersebut disebabkan keterangan dari informan telah mencapai ttik jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyuluh agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Asahan menggunakan strategi bimbinga keagamaan secara daring. Dimana para penyuluh agama Islam membuat konten video ceramah dan menyebarkannya ke grup WhatsApp jamaah bimbingan mereka. Adapun hambatan yang dihadapi para penyuluh dalam berdakwah melalui WhatsApp adalah hambatan teknis berupa: (1) tidak semua jamaah memiliki SmartPhone dan (2) kuota internet terbatas; hambatan fisik atau organik berupa geografis lokasi jemaah tinggal membuat susah sinyal; dan hambatan pikir berupa berbedanya pendapat para jamaah dalam menyikapi penggunaan WhatsApp sebagai media untuk berdakwah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajidan. (2017). Strategi Dakwah Pesantren dalam Mewujudkan Masyarakat yag Harmonis. Jurnal Peurawi. 1(1): 1-14.
Aziz, A. Ilmu Dakwah. Jakarta: Pranandamedia Group, 2004.
BPS Asahan. Perkiraan Jumlah Penduduk Menurut Agama dan Kecamatan Tahun 2018, diakses melalui https://asahankab.bps.go.id/statictable/2016/02/03/16/perkiraan-jumlah-penduduk-menurut-agama-dan-kecamatan-2014.html
Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Centers for Disease Control an Prevention (CDC). 15 February 2020. Archieved from original on 26 February 2020.Retrieved 20 February 2020.
Creswell, J.W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Mixed. Yogyakarta: Putaka Pelajar.
Depag RI. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: PT Syaamil Cipta Media, 2005.
Ilaihi, W. Komunikasi Dakwah. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Jonnedi. (2020). Strategi Komunikasi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara dalam Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal. Jurnal Simbolika. 6(1): 77-85.
Kemendagri. Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah, Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Jakarta: Kementerian Dalam Negeri, 2020.
Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2001.
Mulyana, D. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar .Bandung, PT. Remaja Rosadakarya, 20005.
Omar, Y. Islam dan Dakwah. Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2004.
Pimay, A. Metodologi Dakwah. Semarang, Rasail, 2006.
Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19. Data Sebaran Covid-19. Diakses melalui Covid-19.go.id, Mei 2020.
Wursanto. Dasar-dasar Ilmu Organisasi. Yogyakarta: Andi, 2002.
Published
2020-10-12
How to Cite
MUCHLIS, S. (2020). Strategi Komunikasi Dakwah Penyuluh Agama Islam Saat Pandemi Covid-19 di Kisaran. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 3(1), 9-17. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v3i1.36