HITAM PUTIH KEBERHASILAN MISIONARIS NOMMENSEN DI TANAH BATAK (ANALISIS NARATIF BUKU TOKOH TIGA SERANGKAI DALAM MENINGKATKAN PERADABAN MASYARAKAT BATAK TOBA)

  • Nadra Ideyani Vita Universitas Medan Area
  • Louise Freedyana Anggreini
  • Remaja Putra Barus
Keywords: Keberhasilan komunikasi, Komunikasi Lintas Budaya, Nommensen sebagai misionaris, Struktur narasi, Tanah Batak

Abstract

Sejarah peradaban Suku Batak sebagai salah satu suku dengan populasi terbanyak di Indonesia tampaknya selalu menarik untuk diketahui termasuk jejak pekabaran Injil oleh misionaris Ingwer Ludwig Nommensen di Tanah Batak. Misionaris berkebangsaan Jerman ini telah mengabdikan 56 tahun hidupnya di Tanah Batak dan menuai kesuksesan meski mendapat penolakan dari masyarakat Batak dan catatan hitam mengenai perannya dalam Perang Toba. Keberhasilan Nommensen diasumsikan karena kepiawaiannya dalam berkomunikasi dan mengambil hati masyarakat Batak di mana ia bersahabat dengan raja-raja Batak yang dimuat dalam narasi buku Tokoh Tiga Serangkai Dalam Meningkatkan Peradaban Masyarakat Batak. Narasi dalam buku tersebut terbagi atas 5 (lima) bagian berdasarkan teori struktur narasi Nick Lacey, yaitu kondisi keseimbangan dan keteraturan, gangguan (disruption) terhadap keseimbangan, kesadaran terjadi gangguan, upaya untuk memperbaiki gangguan serta pemulihan menuju keseimbangan. Keberhasilan komunikasi Nommensen merujuk pada pendekatan komunikasi lintas budaya, yaitu bahasa dan adat-istiadat Batak maupun Melayu, memahami kondisi geografis, psikis, religius dan pemerintahan di Tanah Batak serta pendekatan kesehatan, pendidikan, ekonomi, pertanian, kerohanian, seni budaya, dan nilai-nilai pribadi dalam dirinya. Keberhasilan Nommensen tidak diraih dalam satu malam, melainkan melalui proses belajar yang kontinu yang dilalui dengan penuh keberanian, kasih, ketekunan serta penyerahan diri kepada Tuhan.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eriyanto. 2013. Analisis Naratif: Dasar-Dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media.Prenadamedia Group, Jakarta.

Kozok, Uli. 2010. Utusan Damai Di Kemelut Perang: Peran Zending Dalam Perang Toba (Berdasarkan Laporan L.I. Nommensen dan Penginjil RMG Lain). Yayasan Pustaka Obor Indonesia, Jakarta.

Liliweri, Alo. 2013. Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Lumbantobing, Darwin. 2018. Tumbuh Lokal Berbuah Universal: Revitalisasi Program Pelayanan HKBP Pasca 100 Tahun Dr. Ingwer Ludwig Nommensen. BPK Gunung Mulia, Jakarta.

_________________. 2016. Tokoh Tiga Serangkai Dalam Meningkatkan Peradaban Masyarakat Batak: Merajut Mata Rantai Hubungan Sejarah Tokoh Tiga Serangkai Ini. Penerbit Mitra, Medan.

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Schreiner, Lothar. 1978. Telah Kudengar Dari Ayahku: Perjumpaan Adat dengan Iman Kristen di Tanah Batak. BPK Gunung Mulia, Jakarta.

Sobur, Alex. 2016. Komunikasi Naratif: Paradigma, Analisis, dan Aplikasi. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Tubbs, Stewart L & Sylvia Moss. 2008. Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sumber Jurnal
Wangyu dan Robi Panggarra, Konsep Eirene Berdasarkan Efesus 2:11-22 dan Implementasinya dalam Kekristenan Masa Kini, Jurnal STT Jaffray Vol. 8 No. 2, 2010.

Sumber Web Seminar
Sejarah Kritis Injil di Tanah Batak, 15 Mei 2020 oleh Rumah Semua Bangsa dengan pembicara Ulrich Kozok (Associate Professor University of Hawaii), Pdt. Martin Lukito Sinaga, D.Th (Dosen STF Driyarkara dan STFT Jakarta) serta Pdt. Irvan Hutasoit, S.Si(Teol) dari GKPI.
Sumber Internet
Ari Welianto, Daftar Suku Bangsa di Indonesia, kompas.com, 4 Januari 2020 (URL: www.kompas.com/skola/read/2020/01/04/210000869/daftar-suku-bangsa-di-indonesia?page=all)
Aulia Muthiatul Hasanah, Zoon Politicon, kompas.com, 30 Agustus 2017 (URL: www.kompasiana.com/auliamuthiatulhasanah/59a60f884d669106b84470c2/zoon-politicon)
kbbi.web.id/
Published
2024-04-30
How to Cite
Vita, N., Anggreini, L., & Barus, R. (2024). HITAM PUTIH KEBERHASILAN MISIONARIS NOMMENSEN DI TANAH BATAK (ANALISIS NARATIF BUKU TOKOH TIGA SERANGKAI DALAM MENINGKATKAN PERADABAN MASYARAKAT BATAK TOBA). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 6(2), 344-365. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v6i2.361