MANAJEMEN KRISIS MCD INDONESIA (STUDI KASUS BOIKOT PRODUK PRO ISRAEL)

  • Mishelia Kartika Universitas Bina Bangsa
  • Arfian Suryasuciramdhan
  • Meiby Zulfikar
  • M.Reihan Manalu
  • Mauliya Fitriani
Keywords: Boikot, Humas, Manajemen Isu, Manajemen Krisis

Abstract

Isu gencatan senjata di Gaza, Palestina kembali menjadi topik hangat dan sensitif saat ini, fenomena tersebut menjadi dampak yang sangat kompleks terhadap perusahaan. Boikot produk Israel telah meningkat di media sosial terutama di Indonesia, menunjukkan dukungan nyata masyarakat terhadap korban krisis Gaza di Palestina. Bisnis dari negara-negara yang mendukung Israel diboikot oleh masyarakat menyebabkan penurunan reputasi perusahaan. Perusahaan yang terkena dampak harus membuat strategi manajemen masalah dan komunikasi krisis yang efektif untuk mengatasi masalah ini, termasuk didalamnya adalah McDonald’s. Penelitian ini bertujuan memberikan pemahaman kepada perusahaan yang sensitif terhadap isu politik dan merespons krisis reputasi terhadap isu-isu kontroversial. Dengan menggunakan metode studi literature fokus penelitian ini adalah bagaimana McDonald's menangani masalah dan krisis melalui strategi manajemen isu dan komunikasi krisisnya. Analisis tersebut dapat memberikan wawasan untuk perusahaan lain dalam mengelola krisis serupa di masa depan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anom, Erman. 2008. “Komunikasi Krisis Dan Srtategi Manajemen Isu.” Jurnal Komunikologi 5(2):140–46.
Arbar, Thea Fathanah. 2023. “Perang Hamas VS Israel Makan Korban Baru: McD Diboikot.” CNBC Indonesia.
Coombs, W. Timothy. 1995. “Choosing the Right Words: The Development of Guidelines for the Selection of the ‘Appropriate’ Crisis-Response Strategies.” 8:447–76.
Coombs, W. Timothy, and Sherry Holladay. 2015. “CSR as Crisis Risk.” (August). doi: 10.1108/CCIJ-01-2014-0003 Access.
Coombs, W. Timothy, and Sherry J. Holladay. 2010. The Handbook of Crisis Communication.
Kustiawati, Kiki, Aan Setiadarma, and Anjang Priliantini. 2019. “Strategi Public Relations Dalam Manajemen Isu Keamanan Pangan Di Pizza Hut Indonesia.” Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika 8(1):53. doi: 10.31504/komunika.v8i1.1876.
Mahardi, Donny Pramudya. 2021. “Persepsi Pemuda Islam Terhadap Kebijakan Erdogan Pada Konflik Palestina-Israel.” Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi 5(2):107–
17. doi: 10.33751/jpsik.v5i2.4434.
McDonald’s. 2022. “Business Resilience.” Corporate Mcdonalds.
Mutiah, Dinny. 2023. “Dapat Seruan Boikot, McDonald’s Indonesia Kini Salurkan Bantuan Untuk Warga Gaza Palestina.” Liputan6.
Nabila, Nur Hana Putri. 2023. “Ramai Seruan Boikot, McDonald’s Beri Respons Berikut.” Katadata.
Oktavia, Muhammad Riziq Noval, Rizka Hanipah, and Melani Fitriya Handayani. 2024. “Pengaruh Dampak Boikot Produk Amerika Terhadap Perokonomian Indonesia.” Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi (JUMIA) 2(1):318–19.
Pratiwi, Bela, Khoirunnisa Miftahul Jannah, Regia Saraswat, Sabilla Raihanah, and Usep Suhud. 2021. “Analisis Pengaruh Intention to Boycott Pada Konsumen Produk Perancis Di Indonesia.” Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan 2(3):6.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan : (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Cet. 6. Bandung : Alfabeta, 2008.
Suwandi, Dien Noviany Rahmatika, Dewi Indriasih, and Pegi Sugiartini. 2023. “Manajemen Krisis Terkini: Strategi Adaptif Dalam Menghadapi Bencana Dan Tantangan Mendadak.” Jurnal Darma Agung 31(3):473. doi: 10.46930/ojsuda.v31i3.3490.
Published
2024-10-14
How to Cite
Kartika, M., Suryasuciramdhan, A., Zulfikar, M., Manalu, M., & Fitriani, M. (2024). MANAJEMEN KRISIS MCD INDONESIA (STUDI KASUS BOIKOT PRODUK PRO ISRAEL). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 7(1), 51-57. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v7i1.375