MOTIVASI MASYARAKAT MENONTON TAYANGAN ACARA REALITY SHOW GARIS TANGAN DI ANDALAS TELEVISI (ANTV)

  • Ramdeswati Pohan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan
  • Rizka Septia Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan
Keywords: Motivasi, Reality Show, Uses and Gratification

Abstract

Artikel ini berjudul “Motivasi Masyarakat Menonton Tayangan Acara Reality Show Garis Tangan Di Andalas Televisi (ANTV)(Studi Deskriptif Terhadap Motivasi Masyarakat Dalam Menonton Tayangan Acara Reality Show Garis Tangan Di ANTV Di Lingkungan Tangguk Bongkar 9 dan 10, Kelurahan Tegal Sari Mandala I, Kecematan Medan Denai, Kota Medan)”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Deskriptif Terhadap Motivasi masyarakat dalam menonton tayangan acara reality show garis tangan di ANTV di lingkungan tangguk bongkar 9 dan 10, Kelurahan tegal sari mandala I, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi signifikan motivasi masyarakat dalam menonton tayangan acara reality show garis tangan di ANTV. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and gartification. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi Product Moment. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 36 orang yang pernah menonton tayangan acara reality show garis tangan di ANTV. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Taro Yamane, yaitu seluruh populasi dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan membagikan kuesioner dan observasi. Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan tabel tunggal. Untuk menguji hipotesis  menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat tinggi dan signifikan antara Motivasi masyarakat dalam menonton tayangan acara reality show garis tangan diANTV. Hal tersebut dikarenakan variabel X memberikan pengaruh lebih besar kepada variabel Y.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiyanto, Erdinaya. (2004). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung, Simbiosa Rekatama.
Cangara, Halfied. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Daryanto dan Muljo Raharjo. (2016), Teori Komunikasi. Gava Media, Yogyakarta.
Effendy, Onong Uchjana. (1984). Ilmu Komunikasi Teori dan Peraktek. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Muhtadi, Asep. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. CV Pustaka Setia, Bandung.
Noor, Juliansyah. (2011). Metodelogi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Kencana Predana Media Group, Jakarta
Rakhmat, Jalaluddin. (2013). Psikologi Komunikasi. Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung ; Alfabeta,cv.
Wiranto. (2000). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Balai Pustaka.
Published
2020-10-12
How to Cite
Pohan, R., & Septia, R. (2020). MOTIVASI MASYARAKAT MENONTON TAYANGAN ACARA REALITY SHOW GARIS TANGAN DI ANDALAS TELEVISI (ANTV). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 3(1), 27-32. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v3i1.39