OPTIMALISASI KOMUNIKASI EKSTERNAL HUBUNGAN MASYARAKAT PT. KAI DIVISI REGIONAL III PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN

  • A. Aditya Rizqie Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Komaruddin ,
  • Gita Astrid
Keywords: Komunikasi eksternal, citra perusahaan, hubungan masyarakat, strategi komunikasi.

Abstract

Optimalisasi komunikasi eksternal merupakan faktor penting dalam membangun citra positif perusahaan. Penelitian ini menganalisis peran komunikasi eksternal Humas PT. KAI Divisi Regional III Palembang dalam meningkatkan kepercayaan dan hubungan dengan publik. Menggunakan metode kualitatif, penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan teori Manajemen Relasi (Relationship Management Theory) oleh Ledingham. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif dan transparan mampu membangun hubungan yang saling menguntungkan antara PT. KAI dan masyarakat. Strategi komunikasi yang diterapkan meliputi pemanfaatan media sosial, kampanye publik, serta program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Humas PT. KAI berperan penting dalam menjaga citra perusahaan dengan menyediakan informasi yang akurat, menangani keluhan pelanggan dengan cepat, serta meningkatkan keterlibatan publik melalui berbagai program sosial. Selain itu, dinamika hubungan dengan publik terus berkembang, terutama dengan meningkatnya penggunaan teknologi digital dalam interaksi perusahaan. Dengan pendekatan yang lebih terbuka dan responsif, PT. KAI mampu memperkuat citra sebagai penyedia layanan transportasi yang terpercaya. Saran yang diajukan dalam penelitian ini meliputi peningkatan penggunaan media digital, peningkatan kualitas pelayanan melalui pelatihan staf, serta penguatan program CSR untuk memperkuat hubungan dengan masyarakat. Dengan strategi komunikasi yang lebih optimal, PT. KAI diharapkan dapat terus meningkatkan kepercayaan publik dan menjaga citra perusahaan sebagai penyedia layanan transportasi yang profesional dan inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisarizki. (2016). Peran Humas Pt. Pln (Persero) Apj Banten Utara Sebagai Proses Pemecahan Masalah. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2).
Chairunnisa, S. &. (2019). Pengaruh Peran Humas Terhadap Citra Perusahaan Pada PT Kereta Api Indonesia DAOP 1 Jakarta. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting, and Research, 3(2), 44–54.
Hairunnisa. (2021). Buku Ajar Pengantar Humas. Indomedia Pustaka.
Kriyantono, R. (2014). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal (1st ed.). KENCANA.
Musi, S. (2022). Penulisan Kreatif Public Relations. Nas Media Pustaka.
Panjaitan, R. (2018). Strategi Komunikasi Humas Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Dalam Upaya Meningkatkan Citra Pariwisata Danau Toba Sebagai Destinasi Wisata Internasional. Universitas Komputer Indonesia.
Romadhan, R. C. (2021). Kedudukan Hukum Badan Usaha Milik Negara Sebagai Anak Perusahaan Dalam Perusahaan Holding Induk. Media Iuris, 4(1), 85. https://doi.org/10.20473/mi.v4i1.23669
Sunuantari, M. (2012). Penerapan Budaya Perusahaan Dalam Pembentukan Citra Perusahaan Jasa Perhotelan. Journal Communication Spectrum, 2(1), 43–62.
Suryani, E. (2021). Strategi Public Relations Pt Kai Dalam Meredakan Sentimen Negatif Publik Terkait Isu Pelecehan Seksual Di Atas Krl. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14–25. https://doi.org/https://doi.org/10.35308/source.v9i1.7008
Umar Sidiq, M. M. C. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Wahid, A. (2023). Strategi Membangun Citra dan Kinerja Lembaga. Fatiha Media. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19612/1/Strategi Membangun Citra dan Kinerja Lembaga.pdf
Published
2025-04-14
How to Cite
Rizqie, A., , K., & Astrid, G. (2025). OPTIMALISASI KOMUNIKASI EKSTERNAL HUBUNGAN MASYARAKAT PT. KAI DIVISI REGIONAL III PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 7(2), 388-395. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v7i2.532