PENGALAMAN KOMUNIKASI PASIEN APLIKASI HALODOC (Studi Fenomenologi Pengalaman Pasien Aplikasi Halodoc Di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan Medan)

  • Anisa Basalamah Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan Medan
  • Nadra Ideyani Vita Universitas Medan Area
  • Remaja Putra Barus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan Medan
Keywords: Pengalaman Komunikasi, Fenomenologi, Kualitatif, Halodoc

Abstract

Penelitian ini berjudul "Pengalaman Komunikasi Pasien Aplikasi Halodoc" (Studi Fenomenologi Pengalaman Komunikasi Pasien Aplikasi Halodoc di Kota Medan). Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui pengalaman komunikasi pasien aplikasi halodoc di kota Medan, Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bagaimana pengalaman komunikasi pasien aplikasi halodoc di kota medan, motif pengguna dalam menggunakan aplikasi halodoc, serta apa saja hambatan dalam menggunakan aplikasi halodoc. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan teori fenomenologi dari Alfred Schutz dan teori new media dari Pierre Levy. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, melalui tujuh informan diperoleh bahwa pengalaman komunikasi pasien dalam menggunakan aplikasi halodoc beragam yaitu, pengalaman yang dirasakannya oleh pasien cukup puas terkait konsultasi online melalui Halodoc yang memberikan mereka kemudahan dan kenyamanan, serta disisi lain sebagian pengguna merasa belum puas karena konsultasi hanya dilakukan secara online, motif pasien menggunakan aplikasi halodoc yaitu memudahkan konsultasi mengenai kesehatan tanpa harus pergi kerumah sakit, serta ingin mengetahui gejala awal yang dialaminya untuk mendapatkan kesembuhan. Hambatan dalam menggunakan aplikasi halodoc yaitu, sebagian pengguna Kesulitan dalam menyampaikan keluhan secara detail karena hanya dilakukan secara online tanpa adanya tatap muka langsung kepada dokter, dan waktu konsultasi yang sering dianggap terlalu singkat untuk membahas keluhan secara mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, Jhon W 2015. Penelitian Kualitatif & Design Reset. Pustaka Pelajar Yogyakarta
Husnu Abadi, A.Md.,AK(Eds).(2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV.Pustaka Ilmu Group.hal. 123-154

Saleh, S. (2017). Analisis data kualitatif , Pustaka Ramadhan,Bandung hal 95-96
Levy, P. (2010). New Media Teori dan Aplikasi (Jakarta Timur; 1 ed.). Erlangga
Solomon, M. R. (2011). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being (Harlow; 9 ed., Vol. 9). Pearson.
Mulyana Deddy 2024 Teori-Teori Komunikasi Simbiosa Rekatama Media, Bandung hal 11-15

Vita,Nadra.M 2021 Komunikasi Terapeutik Dialogis,Copyright Surabaya hal 12-14

Moleong, Lexy J. 2016 Metodologi Penelitian Kualitatif PT Remaja Rosdakarya Bandung

Effendy, Onong Uchjana. 1984 mm Komunikasi Teori dan Praktek. Rosda Karya Bandung

Mulyana Deddy 2012 Ilmu Komunikasi Satu Pengantar PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Gladyshavira, W. (2021). Studi Fenomenologi: Pengalaman Friends with Benefits pada Pengguna Tinder (Doctoral dissertation, bulk takedown 2021).
Maulidah, N. S., Zahira, E. E. R., Meilina, E., Rachma, H. I., & Sugiarti, R. Konsultasi Online pada Aplikasi Telemedis dikalangan Remaja di masa Pandemi Covid-19 (Online Consultation on Telemedicine Applications for Adolescents Amid the Covid-19 Pandemic).
Napitupulu, A. W. R. (2023). Pengalaman Pemanfaatan Fitur Line Today (Studi Fenomenologi tentang Pengalaman Pemanfaatan Fitur Line Today dalam Pemuasan Informasi di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fisipol UMA 2016).
Prasetyo, A., & Prananingrum, D. H. (2022). DISRUPSI LAYANAN KESEHATAN BERBASIS TELEMEDICINE: HUBUNGAN HUKUM DAN TANGGUNG JAWAB HUKUM PASIEN DAN DOKTER: Indonesia. Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 6(2), 225-246.
Purba, F. S., Agustina, D., Andina, A., Wijaya, A. A., Siregar, F. A., & Lubis, S. A. (2023). PANDANGAN DAN MINAT MAHASISWA UINSU TERHADAP PENGGUNAAN PELAYANAN KESEHATAN BERBASIS ONLINE BERDASARKAN PENGALAMAN. Jurnal Inovasi Kesehatan Adaptif, 5(5).
Saputra, D. A., & Dewi, R. K. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Platform Telemedicine Halodoc Tahun 2022. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 2(2), 1-16.
Sari, G. G., & Wirman, W. (2021). Telemedicine sebagai Media Konsultasi Kesehatan di Masa Pandemic COVID 19 di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 15(1), 43-54.
Yustikawati, R. (2022). PENGGUNAAN APLIKASI HALODOC DI KALANGAN MAHASISWA Studi Fenomenologi Penggunaan Aplikasi Halodoc Di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).
Yvanka, V., & Frinaldi, A. (2023). Analisis Pestel Dalam Reformasi Pelayanan Publik Pada Aplikasi Halodoc Sebagai Bentuk Inovasi Pelayanan Kesehatan Di Indonesia. Academia Praja: Jurnal Ilmu Politik, Pemerintahan, dan Administrasi Publik, 6(2), 245-260.
Assidiq, A. M., Oktaviani, D., & Sandhi, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Layanan, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Telemedicine. Syntax Idea, 4(2), 240-258.
Dakkil, M. P. A., & Destiwati, R. (2024). Komunikasi Terapeutik Pada Telemedicine Mengurangi Kecemasan Pasien Penyakit Mental Melalui Aplikasi Halodoc. eProceedings of Management, 11(2).

Hawa, T., Yohanes, Y. T. S., Paramita, E. P., & Miharja, D. L. (2023). PERSEPSI PENGGUNA APLIKASI HALODOC TERHADAP PENINGKATAN LITERASI KESEHATAN DI KOTA MATARAM. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi, 4(2), 26-32.

Perwira, A. G. A. N., Permana, D. G. Y., & Werthi, K. T. (2022). Penggunaan Aplikasi Kesehatan Halodoc di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar: Healthy application halodoc usage in department of population and civil registration denpasar city. Bali Medika Jurnal, 9(3), 317-326.
Published
2025-07-05
How to Cite
Basalamah, A., Vita, N., & Barus, R. (2025). PENGALAMAN KOMUNIKASI PASIEN APLIKASI HALODOC (Studi Fenomenologi Pengalaman Pasien Aplikasi Halodoc Di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Pembangunan Medan). Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 7(2), 410-434. https://doi.org/https://doi.org/10.62144/jikq.v7i2.636