HUBUNGAN ANTARA ISTILAH INFORMASI PENANGANAN COVID-19 DI MEDIA BERITA ONLINE DENGAN SIKAP MASYARAKAT DESA CIMANGGIS KECAMATAN BOJONGGEDE KABUPATEN BOGOR
Abstract
Sepanjang tahun 2020-2021, Indonesia terbilang banyak mengeluarkan kebijakan, baik dari skala nasional sampai skala daerah (lokal). Mulai dari Physical Distancing, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), PSBB Transisi, New Normal, hingga yang terbaru adalah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Keluarnya kebijakan-kebijakan tersebut juga diiringi dengan penambahan istilah-istilah baru. Akan tetapi, kebijakan dan istilah baru tersebut tidak diikuti dengan penurunan angka kasus di Indonesia. Terdapat kesenjangan yang terletak pada angka kasus positif yang kian meningkat setiap bulannya. Dari laporan Kompas (2020), hingga pada tanggal 13 Desember 2020 kasus positif di Indonesia diakumulasikan sudah mencapai 617.820 dengan angka kenaikan 6.189 dalam 24 jam terakhir. Ketidakpatuhan terhadap protokol kesehatan berakar dari sikap masyarakat terhadap bahaya COVID-19. yang masih kurang. Informasi yang diperoleh masyarakat sangat bertumpu pada media online untuk mendapat informasi. Tidak dapat ditampik bahwa eksistensi media online saat ini kian naik menjadi sorotan khalayak, sebab terus menghadirkan berbagai macam berita dan informasi terkait COVID-19. dari berbagai penjuru. Penelitian ini secara kuantitatif eksplanasi dengan pendekatan secara sistematis dan penjelasan yang terukur. Adapun populasinya warga Cimanggis Bogor berjumlah 22.971 Jiwa dengan Teknik sampel random sampling menggunakan rumus Slovin sebanyak 100 sampel. Grand theory adalah teori kognitif, middle theory adalah teori SOR, dan teori Integrasi Informasi untuk applied theory. Hasil penelitian menunjukkan hubungan valensi informasi dengan sikap kognitif sebesar 0.293 (rendah), sikap afektif 0,029 (sangat rendah), dan sikap konatif 0,265 (rendah). Sedangkan hubungan bobot informasi dengan sikap kognitif, menunjukkan 0, 347 (rendah), afektif -0,002 (tidak memiliki kontribusi), dan konatif 0, 248 (rendah) maka hubungan istilah pada informasi penanganan COVID-19. di media online terhadap sikap masyarakat Desa Cimanggis, Bojonggede, disimpulkan bahwa istilah informasi penanganan Covid-19 memiliki hubungan yang signifikan dengan sikap kognitif maupun sikap konatif.
Downloads
References
Anton Setiawan, “Istilah-Istilah Baru Dalam Penanganan Covid-19”, diakses dari https://indonesia.go.id/layanan/kesehatan/ekonomi/istilah-istilah-baru-dalam-penanganan-covid-19 pada tanggal 13 Desember 2020 pukul 23.19.
Ashari, M. S., Hafiar, H., & Subekti, P. (2016). Sajian Informasi Pelatihan Usaha Dalam Membentuk Sikap Peserta pada Program Melati. Edulib, 6(1), 31–40. file:///C:/Users/Perpustakaan/Downloads/Edulib/Vol 6 No 1 - 2016/5000-10115-1-PB.pdf
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K. P. dan K. R. I. (2016a). Informasi. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K. P. dan K. R. I. (2016b). Istilah. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K. P. dan K. R. I. (2016c). Kognitif. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, K. P. dan K. R. I. (2016d). Sikap. Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring.
Badan Pusat Statistika Kabupaten Bogor. (2019). Kecamatan Bojonggede dalam Angka 2019. BPS Kabupaten Bogor.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reabilitas Penelitian. In Binus. Mitra Wacana Media.
CNN Indonesia, “Jokowi Umumkan Dua WNI Positif Corona di Indonesia”, diakses dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200302111534-20-479660/jokowi-umumkan-dua-wni-positif-corona-di-indonesia pada tanggal 13 Desember 2020 pukul 21.27.
CNN Indonesia, “WHO Umumkan Virus Corona Sebagai Pandemi”, diakses dari https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200312000124-134-482676/who-umumkan-virus-corona-sebagai-pandemi pada tanggal 13 Desember 2020 pukul 20.36.
Djawahir, A. U. (2018). KEUANGAN , DAN VALUE PADA FINTECH SYARIAH DI INDONESIA : Perspektif S-O-R ( Stimulus-Organism-Response ) Model. Annual Conference For Muslim Scholars, 01, 439–448.
Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja). Cakrawala, 18(2), 171–178. doi: https://doi.org/10.31294/jc.v18i2
Firdhy Esterina Christy, “(Covid-19) Tingkat kepercayaan Terhadap Media Selama Pandemi”, diakses dari https://data.tempo.co/read/699/covid-19-tingkat-kepercayaan-terhadap-media-selama-pandemi pada tanggal 15 Desember pukul 21.00
Gunarto, M. (2017). Tranformasi Data Ordinal Ke Interval Dengan Method of Successive Interval. Researchgate.Net. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.30002.20162
Hardianto, A. W. (2019). Analisis Stimulus-Organism-Response Model Pada “Dove Campaign for Real Beauty” 2004 – 2017. Jurnal Transaksi, 11(1), 65–79.
Humas Istana Kepresidenan, “Keterangan Pers Presiden RI Mengenai Program Perlindungan Sosial Menghadapi Dampak Pandemi COVID-19”, diakses dari https://setkab.go.id/program-pelindungan-sosial-menghadapi-dampak-pandemi-covid-19-31-maret-2020-di-istana-kepresidenan-bogor-provinsi-jawa-barat/ pada tanggal 13 Desember 2020 pukul 21.55.
Humas LIPI, “Melihat Jepang, Menerapkan Strategi Tiga Pilar Utama dan Menghindari 3C Untuk Penanganan COVID-19”, diakses dari https://ipsk.lipi.go.id/index.php/berita/719-melihat-jepang-menerapkan-strategi-tiga-pilar-utama-dan-menghindari-3c-untuk-penanganan-covid-19 pada tanggal 13 Desember 2020 pukul 21.00
KBBI. (n.d.-a). angket.
KBBI. (n.d.-b). kuesioner.
Kompas, “Rekap Kasus Corona Indonesia Selama Maret dan Prediksi di Bulan April”, diakses dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/31/213418865/rekap-kasus-corona-indonesia-selama-maret-dan-prediksi-di-bulan-april pada tanggal 13 Desember 2020 pukul 22.00.
Littlejohn, Stepehen W., & Foss, K. A. (2014). Teori Komunikasi. In Theories of Human Communication (9th ed., p. 111). Salemba Humanika.
Mu’min, S. A. (2013). Teori Pengembangan Kognitif Jian Piaget. Jurnal AL-Ta’dib, 6(1), 89–99. https://ejournal.iainkendari.ac.id
Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 127–138. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106
Musianto, L. S. (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif Dengan Pendekatan Kualitatif Dalam Metode Penelitian. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 123–136. https://doi.org/10.9744/jmk.4.2.pp.123-136
Oktavia, W., & Hayati, N. (2020). Pola Karakteristik Ragam Bahasa Istilah Pada Masa Pandemi COvid 19 (Coronavirus Disease 2019). Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–15.
Pratiwi, S. A., & Hidayat, D. (2020). Iklan Layanan Masyarakat COVID-19 Di Media Sosial dan Perilaku Masyarakat di Jawa Barat. 1–7.
Ratna Puspita, “35 Kecamatan di Kabupaten Bogor Berstatus Zona Merah”, diakses dari https://republika.co.id/berita/qldiws428/35-kecamatan-di-kabupaten-bogor-berstatus-zona-merah pada tanggal 15 Desember 2020 pukul 21.50
Sembiring, E. E., & Meo, M. L. N. (2020). Pengetahuan dan sikap berhubungan dengan resiko tertular COVID-19 pada masyarakat Sulawesi Utara. NERS Jurnal Keperawatan, 7(3), 75–82. http://ners.fkep.unand.ac.id/index.php/ners/article/view/371
Susanto, E. B., Kurniawan, F., & Christianto. (2017). Integrasi Informasi Kesehatan Pada Instansi Kesehatan Di Kota Pekalongan Melalui Sistem Informasi Layanan Kesehatan. Jurnal Litbang Kota Pekalongan, 13(1), 31–39.
Sutarto, S. (2017a). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.331
Syaipudin, L. (2020). Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19. Kalijaga, 2(1), 14–34.
Yusuf, F. (2018), Uji Validas dan Realibitas Intrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyaah: Jurnal ilmiah kependidikan 7 (1). 17-23 https://doi.org/10.18592/tarbiyah .v7i!,2000