OPINI PEMBACA HARIAN WASPADA DI KECAMATAN MEDAN AREA TERHADAP OBJEKTIVITAS BERITA HALAMAN I BERDASARKAN PASAL 1 KODE ETIK JURNALISTIK KEWARTAWANAN INDONESIA
Abstract
Artikel ini menyajikan hasil penelitian tentang opini pembaca harian Waspada tentang objektivitas berita Harian Waspada berdasarkan Pasal I Kode Etik Jurnalistik Kewartawanan Indonesia, objektivitas berita Harian Waspada khususnya Halaman I berdasarkan Pasal I Kode Etik Jurnalistik Kewartawanan Indonesia, dan opini pembaca Harian Waspada di Kecamatan Medan Area terhadap Objektivitas Berita Halaman I berdasarkan Pasal I Kode Etik Jurnalistik Kewartawanan Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification dan Teori Selektivitas. Uses and gratification menunjukkan permasalahan utama bukanlah media mengubah sikap dan perilaku khalayak, tetapi bagaimana media memenuhi
kebutuhan pribadi dan sosial khalayak. Metode yang digunakan adalah deskriptif yang bertujuan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi faktual dan cermat yang menggambarkan hasil penelitian (data) seperti apa adanya. Responden penelitian ini berasal dari masyarakat Kelurahan Kota Matsum I dan Kota Matsum II, Kecamatan Medan Area, dengan jumlah 100 orang dari populasi sebesar 31.900 jiwa. Rumus yang dipakai Taro Yamane dengan presisi sebesar 10%. Data yang diperoleh dari responden dianalisis dalam tabel tunggal dan dilampirkan hasil wawancara untuk menguatkan data tersebut.Dari hasil data yang diperoleh, masyarakat di Kelurahan Kota Matsum I dan Kota Matsum II Kecamatan Medan Area beropini bahwa berita yang disajikan Harian Waspada khususnya Halaman I berdasarkan Pasal I Kode Etik Jurnalistik Kewartawanan Indonesia tergolong objektif.
Downloads
References
Ardianto, Elvinaro dan Komala, Lukiati. 2005. Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Djuruto, Totok. 2003. Teknik Mencari dan Menulis Berita. Dahara Prize, Semarang.
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.
Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
McQuail, Dennis. 1996. Teori Komunikasi Massa. Erlangga, Jakarta
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Nawawi, Hadari. 2001. Metode Penelitian Bidang Sosial. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. PT. Raja GrafindoPersada, Jakarta.
Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Rudy, Teuku May. 2005. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. PT. Refika Aditama, Bandung.
Said, Prabudi. 2006. Berita Peristiwa 60 Tahun Waspada. PT Prakarsa Abadi Press, Medan.
Sastroepoetra, Santoso, R.A. 1990. Komunikasi Sosial. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Singarimbun, Masri. 1995. Metode Penelitian Survey. LP3ES, Jakarta.
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. CV. Alfabeta, Bandung.
Sukardi, Armada Wina. 2007. Close Up Seperempat Abad Pelaksanaan Kode Etik Jurnalistik. Dewan Pers, Jakarta.
Sumadiria, Haris AS. 2006. Jurnalistik Indonesia: Menulis Berita dan Feature. Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
Yunus, Syarifudin. 2010. Jurnalistik Terapan. Ghalia Indonesia, Jakarta.