SELF DISCLOSURE DAN ADJUSTMENT DALAM KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SUMATERA UTARA DI MASA PANDEMI COVID-19

  • Deborah Aurelia Sitohang Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara
  • Iskandar Zulkarnain Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Sumatera Utara
Keywords: Adjustment, Mahasiswa baru, Pandemi COVID-19, Self Disclosure

Abstract

Artikel bertujuan untuk mengetahui self disclosure dan adjustment dalam komunikasi antarpribadi yang dilakukan mahasiswa baru angkatan 2020 Universitas Sumatera Utara di masa pandemi COVID-19. Teori-teori dalam penelitian ini adalah komunikasi, komunikasi antarpribadi, self disclosure, penetrasi sosial dan adjustment. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah tujuh orang dan dua informan triangulasi yang ditetapkan berdasarkan kejenuhan data. Informan merupakan mahasiswa baru angkatan 2020 di Universitas Sumatera Utara yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Self disclosure para informan dilihat dan digambarkan dengan menggunakan johari window dan penetrasi sosial, sementara adjustment para informan ditinjau dari aspek penyesuaian diri di perguruan tinggi menurut Baker & Siryk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh informan melakukan self disclosure (keterbukaan diri) dan adjustment (penyesuaian diri) di tengah pemberlakuan pembelajaran jarak jauh secara daring di masa pandemi COVID-19. Self disclosure yang dilakukan para informan dalam penelitian ini berupa identitas diri, hobi, kesulitan yang dihadapi dalam perkuliahan, kondisi dan masalah keluarga yang mendalam, percintaan serta keuangan. Seluruh informan sudah memasuki tiga tahap penetrasi sosial yaitu tahap orientasi, tahap eksplorasi pertukaran emosi dan tahap pertukaran emosi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tiga dari tujuh informan memiliki tingkat aspek penyesuaian diri di perguruan tinggi yang rendah yaitu pada aspek penyesuaian sosial dan kelekatan terhadap institusi, namun seluruh informan memiliki kesamaan tekad untuk tetap menyelesaikan pendidikannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budyatna, M., & Ganiem, L. M. (2014). Teori komunikasi antarpribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dayakisni, T., & Hudaniah. (2009). Psikologi sosial. Malang: UMM Press.
Dewi, K. S. (2012). Buku ajar kesehatan mental. UPT UNDIP Press Semarang.
Effendy, O. U. (2004). Dinamika komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fajriyah, F. (2021). Komunikasi antarpersonal mahasiswa dan aktualisasi diri di masa pandemi COVID-19.
Skripsi. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
Liliweri, A. (2017). Komunikasi antarpersonal. Jakarta: Kencana. Morissan. (2010). Psikologi komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mulyana, D. (2007). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putri, P., A. (2018). Dukungan sosial teman sebaya, loneliness, dan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama Universitas Islam Indonesia. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi: studi pada mahasiswa fakultas psikologi uksw freshmen adjustment: a study on students at faculty of psychology SWCU. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi, 4(2), 73–84.
Roudhonah. (2019). Ilmu komunikasi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Septiani, D., Azzahra, P, N., Wulandari, S, N., & Manuardi, A, R. (2019). Self disclosure dalam komunikasi interpersonal: kesetiaan, cinta, dan kasih sayang. Jurnal Fokus, 2(6), 265–271.
Zulkarnain, I. (2016). Interpersonal communication effectiveness and the development of self-concept through a self-adjustment amongst disabled persons. The Social Sciences, 11(21), 5095–5099.
Published
2022-04-07
How to Cite
Sitohang, D., & Zulkarnain, I. (2022). SELF DISCLOSURE DAN ADJUSTMENT DALAM KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PADA MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SUMATERA UTARA DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 4(2), 117-124. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/jikq.v4i2.74